Saturday, December 30, 2017

penertian produksi,tujuan produksi,danfaktor-faktor produki

Pengertian , Tujuan , dan faktor-faktor Produksi

A.   Pengertian Produksi
Dalam pengertian sehari-hari, produksi sering diartikan sebagai tindakan  menghasilkan barang-barang. Setiap berbicara produksi, difikiran kita terbayang sebuah pabrik yang sedang merakit mobil,computer, dan menghasilkan barang-barang lainnya. Pembuatan barang seperti ini hanyalah sebagian dari produksi. Dalam ilmu ekonomi, pengertian produksi tidak hanya sekedar menghasilkan barang-barang, tetapi jauh lebih luas dari konteks tersebut. Dari contoh diatas dapat kita lihat bahwa kegiatan produksi akan muncul bahan atau benda lain yang lebih siap atau berguna bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa produksi adalah kegiatan menambah faedah (atau kegunaan) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Kegiatan menambah faedah atau suatu benda dengan menambah sifat dan bentuknya dinamakan produksi barang. Kegiatan menambah faedah suatu benda tanpa mengubah bentuknya dinamakan produksi jasa.

B.   Tujuan Kegiatan Produksi
Kita dapat melihat bahwa tanpa kegiatan produksi, kebutuhan manusia yang banyak ragamnya ini akan sulit dipenuhi. Kalaupun dapat dipenuhi kualitas dan kuantitas benda pemuas kebutuhan tersebut tergolong sangat rendah. Jadi, untuk apa kegiatan produksi dilakukan ? tujuan kegiatan produksi secara umum adalah memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Kemakmuran tercapai jika tersedia barang dan jasa dalam jumlah yang mencukupi. Perlu kita ketahui bahwa dalam kegiatan produksi sebenarnya terdapat beberapa pihak yang terkait. Yaitu adalah produsen, dan konsumen. Dari pihak pihak tersebut tujuan produksi juga bisa dilihat eara khusus. Bagi pihak produsen tujuan produksi adalah untuk meningkatkan keuntungan serta menjaga kesinambungan perusahaan. Bagi konsumen atau masyarakat,tujuan produksi adalah untuk menyediakan berbagai benda pemuas kebutuhan.

C.   Faktor-faktor produksi

Dalam membuat suatu produk, ada bebrapa hal yang dibutuhkan. Hal hal ersebut mencakup komponen , suku cadang,dan tenaga ahli. Ketiga hal tersebut adalah bagian dari faktor produksi. Faktor produksi adalah segala sesuatu yang dibutuhkan untuk memproduksi barang dan jasa. Factor produksi terdiri atas alam (natural resources), tenaga kerja (labor), modal (capital), dan keahlian (skill). Factor produksi alam dan tenaga kerja disebut factor produksi asli (utama). Sementara itu, modal dan keahlian adalah factor produksi turunan.

No comments:

Post a Comment